Situ Cisanti: Pesona Wisata di Hulu Sungai Citarum

Jawa Barat memiliki banyak destinasi wisata alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah Situ Cisanti, sebuah danau yang terletak di hulu Sungai Citarum dan terletak di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Situ Cisanti menjadi tempat wisata populer di Jawa Barat karena keindahan alamnya yang menakjubkan. Air danau yang jernih dengan latar belakang gunung dan pepohonan hijau memberikan kesan yang menenangkan dan damai. Situ Cisanti juga dikelilingi oleh perkebunan teh dan pemandangan yang mengesankan dari pegunungan yang menjulang tinggi di sekitarnya.

Situ Cisanti menampung air dari 7 mata air utama Sungai Citarum, yaitu mata air Pangsiraman, Cikoleberes, Cikawadukan, Cikahuripan, Cisadana, Cihaniwung, dan Cisanti, dengan luas kurang lebih sekitar 5 hektar dan berada di lahan seluas 7 hektar di kawasan perhutani, kaki Gunung Wayang, dengan ketinggian 1.500-1.700 dpl. Danau Situ Citansi ini memiliki kedalaman berkisar antara 1 sampai dengan 3 meter.

Selain menjadi tempat wisata yang indah, Situ Cisanti juga berfungsi sebagai sumber air utama Sungai Citarum. Kondisi danau yang terjaga dengan baik memberikan dampak positif bagi keberlangsungan hidup berbagai jenis satwa dan tumbuhan yang hidup di sekitarnya. Oleh karena itu, pemerintah setempat selalu memantau kondisi danau dan menjaga kelestariannya dengan baik.

Untuk memasuki Situ Cisanti, pengunjung akan melewati jalan raya yang berkelok-kelok di tengah perkebunan teh dan hutan. Pengunjung juga dapat menikmati panorama alam yang spektakuler selama perjalanan. Setibanya di danau, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda, berjalan-jalan, atau sekadar duduk-duduk menikmati keindahan alam.

Situ Cisanti terbuka untuk umum dengan biaya masuk yang sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sepeda motor atau mobil dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan di sana.

Untuk menuju ke Situ Cisanti, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari Kota Bandung, pengunjung dapat naik angkutan umum seperti angkot menuju ke Kertasari atau Tarumajaya.

Kesimpulannya, Situ Cisanti adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan di Jawa Barat. Keindahan alam yang menenangkan dan kondisi danau yang terjaga

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال